Jumat, 27 April 2012

Note 242 : pada hari kiamat Nabi mengenal umatnya di antara umat-umat



 


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ




Jumat, 27 April 2012


Note 242 : pada hari kiamat Nabi mengenal umatnya di antara umat-umat

Dikutip Dari :

Tafsir Ibnu Katsier  jilid 8

Halaman 181

Diterjemahkan oleh :

H. Salim Bahreisy

H. Said Bahreisy


( Hadits Riwayat Muhammad bin Nasher Almuruzi )


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ




Abu Dzaar dan Abu Darda' r.a mereka mengatakan bahwa Nabi Saw telah bersabda :


Akulah 

orang yang pertama diizinkan bersujud pada hari kiamat


Dan 

Akulah 

orang yang pertama diizinkan mengangkat kepala


Maka 

Aku melihat di hadapanku

Dan

 aku mengenal umatku diantara umat umat


Dan 

Melihat di sebelah kananku

Maka

Aku melihat umatku diantara umat-umat


Dan 

Aku melihat ke kiri

( maka )

Aku pun mengenal umatku diantara umat-umat


@


Lalu ada orang bertanya : 


Bagaimana Anda dapat mengenal umatmu di antara umat-umat


@


Maka dijawabnya :


Aku mengenal mereka 

karena anggota wudu di badannya

Wajah , tangan , dan kaki mereka bercahaya ....... ( 1 )


Dan 

Aku mengenal mereka 

karena ( mereka ) menerima suratan amal ( mereka ) 

dengan tangan kanan .......... ( 2 )


Dan 

Aku mengenal mereka 

dengan tanda bekas sujud  . . . . . . .( 3 )

di wajah mereka 





Note 



Al Fath 48 : 29 



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ





...........



تَرَاهُمْ 


Kamu lihat mereka 





رُكَّعًا سُجَّدًا 


ruku' dan sujud 





يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا 


mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, 





سِيمَاهُمْ


tanda-tanda mereka tampak 





 فِي وُجُوهِهِم


pada muka mereka 





 مِّنْ


dari




 أَثَرِ السُّجُودِ 


bekas sujud. 




...........




( Al Fath 48 : 29 )





@@@





Dan


Aku mengenal mereka


Dengan ( adanya ) nur cahaya 


di hadapan dan di kanan kiri mereka ........... ( 4 )







Dalam ayat Al Qur'an :


Qur'an Surat Al Hadid /Surat ke 57 , ayat ke 12





بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ






يَوْمَ تَرَى 


(yaitu) pada hari ketika kamu melihat 





الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ 


orang mukmin laki-laki dan perempuan, 






يَسْعَىٰ نُورُهُم 


sedang cahaya mereka bersinar 





بَيْنَ


antara






أَيْدِيهِمْ


di hadapan 






 وَبِأَيْمَانِهِم 


dan di sebelah kanan mereka, 




بُشْرَاكُمُ 


(dikatakan kepada mereka): 


" Berita gembira untukmu,





الْيَوْمَ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ 


"Pada hari ini ada (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, 






خَالِدِينَ فِيهَا


yang kamu kekal di dalamnya. 






 ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ


Itulah keberuntungan yang besar".



( 57 : 12 )





( Hadits Riwayat Muhammad bin Nasher Almuruzi )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar